Fungsi Htacces pada Code Igniter #7


Pada postingan sebelumnya saya membuat pagination pada Code Igniter, Mungkin dari kalian ada yang kesini karena ingin mengetahui fungsi .htacess pada Code Igniter. Kali ini saya akan membahas tentang .htaccess, apa sih .htaccess? .htaccess adalah file text sederhana dalam format ASCII. Pada umumnya kita bisa menggunakan file .htaccess untuk merubah beberapa konfigurasi untuk mengarahkan pada web server Apache. File .htaccess dapat ditaruh dimapun pada folder website kalian.
Pada kesempatan sebelumnya saya meminta kalian untuk menambahkan kode berikut :

RewriteEngine On
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]

Kode ini bertujuan agar Url dari web kita agar lebih mudah diakses atau juga agar lebih terlihat friendly user (URL Friendly), jadi pada Code Igniter ketika kita akan mengakases file yang ada pada folder application, contohnya di dalam folder Controller kita mengakases Welcome.php, dalam Url tersebut harus disisipkan dengan 'index.php'.
Contoh : http://localhost/belajarci/index.php/welcomes

Tapi dengan file .htaccess ini kalian tidak perlu menyisipkan index.php. Jadinya nanti akan seperti ini  http://localhost/belajarci/mahasiswa/simpan/ .

Sebenarnya masih banyak fungsi .htaccess ini, tetapi saya hanya menjelaskan fungsi yang sebelumnya saya berikan saja.

Sekian dari postingan ini, Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Fungsi Htacces pada Code Igniter #7"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel