Cara Backup dan Restore ROM Android Melalui CWM Recovery



Pada kesempatan kali ini Saya akan posting "Cara Backup ROM Android Melalui CWM Recovery". Ada yang tau Backup itu apa? Backup adalah suatu cara agar bisa menyelamatkan data dengan cara menyimpan data ke tempat lain. Sementara Restore adalah mengembalikan data yang di Backup tadi tempat asalnya/semula. Nah, jika itu adalah sebuah data tinggal di copy paste. Tapi bagaimana jika itu sebuah OS (System Operasi)? yang tentu kita ketahui tidak bisa di copy paste selain di instal ulang.

Biasanya ketika kita ingin melakukan Custom rom, Flashing, atau semacamnya yang membuat system hp berubah, maka pikiran yang muncul adalah bagaimana dengan data atau system sebelumnya ?!. Tentu kita harus menyiapkan persiapan untuk hal semacam itu. Nah membahas hal tersebut maka dari itu artikel kali ini membahas tentang Backup dan Restore hp berbasis System Android.

Note : Tutorial ini hanya cara umum untuk backup & restore lewat cwm doang ya gan, bukan cara memasang CWM di android.

Berikut Tutorialnya Cara Backup & Restorenya :

Cara Backup
1. Pertama  siapkan CWM dan menginstallnya di Android anda. Untuk yang belum tau caranya    bisa Searching di Google.

2. Pastikan baterai Android anda terisi penuh atau sekurang-kurangnya 50%

3. Persiapkan SD Card, usahakan masih memiliki kapasitas yang memadai untuk melakukan backup. Ukuran ROM tidaklah sama, tapi ketika saya melakukan backup Stock ROM ukurannya 0,9GB (HP saya Samsung Galaxy Mini 2) Jadi usahakan SD Card anda bisa menyimpan ukuran File backup, jika sudah saya sarankan dipindahkan dulu ke PC/Laptop kalian, Kalo bagi yang SD Cardny memiliki kapasitas yang besar tidak usah di pindahkan ke PC/Laptop.

4. Masuk ke CWM, Caranya berbeda-beda Setiap Ponsel. Ada yang bisa langsung masuk ke CWM karena bisa memakai CWM permanen, ada yang harus masuk ke recovery bawaan dulu kemudian flash CWM baru bisa masuk, karena CWM tidak bersifat permanen. Caranya bisa lihat di Google yaa..

5. Kalau sudah bisa masuk ke CWM pilih backup and restore kemudian pilih backup to sdcard atau backup to Internal storage dan tunggu hingga prosesnya selesai

6. Jika sudah, reboot Android anda dengan memilih reboot system now dan lihat pada SD Card apakah sudah ada file backup tadi, biasanya di SDCard/clockworkmod/backup/ atau bisa juga di External SD (biasanya folder dinamai dengan tanggal melakukan backup). Dan Jangan Pernah agan Pindahkan folder atau file tersebut dan merubah nama(rename) Folder atau file tsb, biarkan saja pada tempat aslinya. Saran saya salin aja ke komputer biar aman.

Restore

  • Restore sangatlah mudah, masuk ke CWM lagi, setelah itu pilih Backup and Restore, pilih Restore, dan restore yang ada di folder dengan nama tanggal backup tadi. Tinggal pilih pilih saja gak usah cari kemana-mana.

Oke sekian dulu untuk Cara Backup Dan Restore ROM Android Melalui CWM Recovery, Semoga bermanfaat .


Ada pertanyaan? silahkan bertanya di kolom komentar, saya akan bantu sebisa mungkin.

216 Responses to "Cara Backup dan Restore ROM Android Melalui CWM Recovery"

  1. Ketika restore harus di wipe wipe dulu gx??

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Wipe data/factory sob

      Trims sdh berkomentar :D

      Delete
    2. Yang di Wipe data/factory nya,,sebelum atau sesudah di restore ya sob?

      Delete
  2. Knp sy backup rom imo s88 cuma 13,18 mb doang ya??ada yg aneh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kurang tau sob, coba searching" di google atau liat di KASKUS.
      ane baru ngtest di HH ane doang Samson Galmin 2

      btw, trims sdh berkomentar :D

      Delete
    2. klo sudah di backup y tin ggl di ganti custom rom nya
      klo menurut saya gk masalh karena tergantug data hp

      Delete
  3. gua juga samsung galaxy fame cuma 16mb??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bang msh punya back upan rom asli gal fame?
      kalau blh saya minta back upannya bang
      mksh sblmnya :)

      Delete
  4. Klo nama backup'y sy ganti gk masalah kah.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sob, nnti pas backup ngga ke bca sama CWM.

      Delete
  5. Punya sy andromax v, file backup'a 400san mb, saat mw restore ada permintaan rooted...
    Yg sy pengen tw ketika mw restore apa saja yg di format, ap cuman factory reset sm wipe data saja...?
    Atow perlu format data m sistem jg yg di mount menu cwm'a...
    Terima kasih mohon pencetahannya....

    ReplyDelete
  6. aduh, file backup nya kehapus...
    solusi selanjutnya gmn gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. file backupnya ke hapus? trs hp agan lg kena masalah atau ngga?kl ngga ya ngga masalah, tinggal buat backup-an baru lg.

      Delete
  7. gan kan saya backup stock rom ane trus ane tunggu....tiba tiba mati sendiri solusinya gimana tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batrenya abis kali gan.

      Delete
    2. Pngalaman saya y, klo mw recover data trmsuk file back up agan yg udh kehapus di sd card ext,, cba pke icare data recovery insya allah sembuh :)

      Delete
  8. gan hp mito a210 saya bootlop . gmna cara intal cwm lewat recovery nya gan. kok udah saya coba gak bilsa.

    ReplyDelete
  9. gan hp mito a210 saya bootlop . gmna cara intal cwm lewat recovery nya gan. kok udah saya coba gak bilsa.

    ReplyDelete
  10. kalo udah terlanjur di rename hasil backupnya gimana dong?

    ReplyDelete
  11. karena hasil backup nya saya pindah ke komputer, biar aman pas experimen sama rom custom, buat pengingat, nama file backupnya saya rename.masih bisa dipake ga ya? kalo masih bisa dipake, caranya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. rename nama folder awal, "Clockworkmod" . di dalam folder "backup" , ganti format nama folderny seperti ini : 2014-11-02.10.25.28

      Delete
  12. Kalo udh direstore ada perbedaanya gak ...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga bro, dan mksdnya perbedaan itu apany?

      Delete
    2. Gan kok pas ane backup .memory ane lngung penuh .ad solusi ny?

      Delete
    3. hapus aja file backupnya atau pindahkan ke Pc/Laptop

      Delete
  13. gan help please

    cwm udah on,,.
    cuma pas backup kok nyimpaanya di internal??
    1,5gb di internal nggak cukup bwat back up..
    eksternal masi ada 3,5 gb cma gx bisa ngebackup disono...
    gmana caranya supaya back up nya trlaksana???
    ty gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas mau backup pilih, backup to sdcard1 gan . (y)

      Delete
  14. Ntu brati di setting/storage/default disk write,nya masih internal...coba ente pindah ke external.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mencari settingan storage/default disk write, lewat apa mz

      Delete
  15. Replies
    1. kalo itu make titaniumbackup aja gan. bisa searching di Google

      Delete
  16. Bisa minta file backup nya galmin g gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada sih gan, yang GB 2.3 , cmn ada akun ane jadi ngga bisa :(

      Delete
  17. Aplikasi game seperti cOc ikut ke backup gk gan..?soalnya ane gk bisa konekin game tersebut dgn akun ane...?trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rencana ane mau wipe data,terus mau install layanan google play dr cwm,biar game cOc bisa ane konekin ke akun gmail ane..,

      Delete
    2. Ditunggu pencerahannya gan..;-)

      Delete
    3. Atau agan bisa kirim pencerahannya via email gan,ke erickyulius2@gmail.com

      Delete
    4. Seluruhnya ke backup kok gan, jadi ngga usah khawatir kalo akun CoC nya ilang ..

      Delete
  18. nice info brewww..
    kalo mau backup lewat flashtool dibawah nih caranya
    http://leojess.com/cara-backup-stock-rom-mediatek-android-devices/

    ReplyDelete
  19. Gan kalo backup'annya saya PINDAHIN ke komputer bisa ga? apa hanya bisa di SALIN aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok sob, di pindahin ke komputer. saya sudah pernah nyoba. :D

      Delete
  20. gan data backupnya kan di internal, bisa dipindah ke external kgk tpi foldernya ttp sama externalstorage/clockworkmod dan buat folder baru backup. gmn ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan, tapi kalo mau restore nanti, lewat sdcard1, bkn lewat sdcard0. (y)
      sdcard0 : internal storage
      sdcard1 : eksternal storage

      Delete
    2. Gan ane ga kebaca si eksternal'e knpa itu ya gan,,

      Delete
  21. kan saya udh dibackup, trus backupannya saya udh pindahin kePC, trus yg hasil backupan dimemori boleh dihapus apa engga bang? minta sarannya sekalian gmn cara mengembalikannya biar memorinya kosong lagi ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh di hapus kok gan yang di memory, asalkan nama folder dan file yang agan backup ke PC jangan di rubah namanya. nanti kalau mau di restore, tinggal taruh folder backup agan di tempat memory semula. (y)

      Delete
  22. Gan kalo bootloop msh bisa masuk cwm gak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bootloop biasanya, harus di flash terlebih dahulu gan, Kalo memang bisa masuk CWM, di coba saja. :)

      Delete
  23. itu mesti di root dulu yaa androidnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, syarat CWM itu harus di root dulu

      Delete
  24. gan..saya kan sudah backup via cwm,,,tapi kok hasil backupnya gak ada di folder CWM yah..tapi memorinya sudah berkurang,,,kenapa ya gan

    ReplyDelete
  25. Tujuan Wipe data tuh untuk mereset semua? , gitu gan? , lalu , jika sudah tinggal di restore ?

    dan tujuan restore untuk antisipasi untuk jika kita ada kegagalan saat upgrade OS dan jika terjadi botloop?, apa benar itu gan?

    ReplyDelete
  26. semua cwm itu sama gak gan?soalnya ane cari cwm khusus buat polytron gak ketemu temu,mohon solusinya gan

    ReplyDelete
  27. kok pas restore data error ya gan

    ReplyDelete
  28. waktu proses backup muncul "generating md5 sum " itu maksutnya apa gan??
    kmaren waktu backup muncul lgsg gue cancel takut blotoop atau hardbreak
    tlong pencerahanyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga masalah gan, tunggu saja sampai selesai. Proses Backup tidak membuat hp botloop kok.

      Delete
  29. saya punya firmware galaxy fame

    ReplyDelete
  30. mantep gan, klo mw di operk2 di backup dlu biar aman. :D

    ReplyDelete
  31. Gan apakah semua android caranya sama kalo ganti rom??

    ReplyDelete
  32. Pas mau perbaharui sistem ota kug error,kenapa ya?sebelum nya hh aq root trus aq unroot lagi ,mohon pencerahan nya...

    ReplyDelete
  33. Bisa email ke jawaw.membara@gmail.com

    ReplyDelete
  34. Hp ane setelah di service karna bootlop skrg sudah ada CWM dari setelah service.an nya... Sebelum nya ane pernah root tapi gak pernah instal CWM... Nah skrg ane udah backup System & Data Apps dll. Dari CWM total size 1,59GB... Ane mau root hp ini tapi nanti kalo bootlop bisa di restore apa nggk? Itu saja pertanyaan ane.. Coz ane pernah bootlop 2x dalam keadaan Rooted.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane ROOT pakai FramaRoot aman apa nggk?
      Ane dulu pernah Root pake FramaRoot tapi gak Backup ROM... Makanya itu ane mau nanya bisa di restore apa nggk kalo udah keadaan Rooted, Thnx sbelumnya

      Delete
    2. Kalo bootloop, coba masuk CWM gan, kalo bisa ya berarti bisa di restore.
      sory gan, coz saya blm pernah kena bootloop. Tapi kata temen, yang make galyoung kalo bootloop masih bisa di restore.

      Kalo mau backup & Restore emg perlu rooted gan, karena kan perlu akses ke CWM.

      Delete
  35. ini kemarin saya backup ternyata memori SD nggak cukup. sekarang SD cardnya jadi gak kebaca gan. data2 hilang,cuma ada folder2nya. tapi kapasitasnya belum kosong. kira2 bisa dibalikin seperti semula nggak gan data2nya? tolong pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hapus aja gan file backupny lewat CWMny, semoga fix ya.:D

      Delete
  36. misalnya abis ganti cusrom yg instal di zip
    trus mau ke rom asli bawaan itu langsung restore apa install zip from sdcard?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Samsung biasanya di Wipe data/reset & Wipe chace partition dulu gan. Baru deh di restore.

      Delete
  37. om klo mengatasi encryption unsuccessful andromax v bgmn? kmrn sdh sy flash tetapi msh stak aja d logo ga mau msk k homescreen dan ngrestart melulu. sdh sy wipe jg tp msh aja kek gt. mohon bantuannya ya om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya agan abis apa? dan sblm agan kena masalah itu, agan flash ada masalah apa ngga? kl ada masalah mngkn karena firmwareny corupt.

      Delete
  38. mau nambahin gan. kalau mau flash lewat cwm factory reset, wipe cache partition, wipe dalvik (ada di menu advanced).

    ReplyDelete
  39. terimakasih infonya, berguna sekali infonya

    http://tokoonlineobat.com/obat-kanker-usus-alami/

    ReplyDelete
  40. kok md5mitcmath tulisanya gan

    ReplyDelete
  41. game coc di bakup ,mulai awal lagi apa gak gan makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending cocnya Connect in ke akun google agan, nah nanti kl misalny dari ulang lg tgl sign in lwt google.

      Delete
  42. Salud salud sam blog ini hebat eiii...semua pertanyaan kejawab dan mau dibantuin,,saya sudah berhasil gan mau tanya kalau mau backup memory card nya tetap pakai yg lama kan terus klo mau restore apa dipasang memory card baru gitu ya...tujuan nya mau gt.memory ni yh lebih besar ukuran nya apa gitu aja caranya...mhn pencerahannya.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, makasih gan :D .

      Kalo backupny make memory card yg lama, yaa restoreny jg pake memory card yg lama dong. Kalo mau restore pake memory baru folder backup-an nya di pindahkan terlebih dahulu ke memory card yg baru, biasanya nama folderny "Clockworkmod" :D

      Delete
  43. gan yang ke backup cuma di internal apa eksternal? atau kedua"nya ke backup??

    add pin ane gan: 7CD5EF83 buat nanya" aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi nanti di CWM ada pilihanny gan mau backup to sdcard0/ backup to sdcard1
      nah sdcard0 untuk yg di internal
      sedangkan sdcard1 buat yg d eksternal (y)

      Delete
  44. maaf gan ngeganggu,,,
    kalo kita mau ganti custom rom,, abis tu mau restore tanpa rom awal bisa gak ya ?
    kan kalo backup ikut sama rom awalnya nya kan ?
    thanks admin mohon dibalas .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga kok gan, ngga ngegganggu sama sekali :D
      ane jawab ya.. , kalo mau gnti cusrom harus di wipe data & wipe chache dulu gan, tujuanny agar rom sebelum ny kaga bertumpuk dengan rom yang baru alias kyk hapus rom dari hp, lalu di restore sama rom agan yang baru.

      Klo backup rom ya tentu rom yang sedang dipakai yang ke backup. (y)

      Delete
    2. jadi, kalo back up tanpa rom gimana ya gan ??,, misalnya ane mau backup data di dalam aja tanpa ngikut sama rom nya,,
      terimakasih :)

      Delete
    3. kalo mau backup data doang make titanium backup aja gan,
      http://muhamad-aslam.blogspot.com/2015/04/cara-backup-data-dengan-titanium-backup.html

      Delete
    4. makasih broo,,, sangat membantu anee (y) :D

      Delete
  45. Kl pas restore mncul tulisan md5 mismatch.tu knpa ya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu biasanya karena nama folder backup-annya di rubah gan.

      Delete
  46. Gan, hh ane himax pure 3 untuk masuk ke cwm gimana ya gan???...ane browsing sih (power + vol up)...tapi ane coba koq ga bisa ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus d install dlu gan CWMny via odin. bisa searchnig di google

      Delete
  47. mas, cara restore al data yang kesimpen di memory internal gmna ya mas ? sdangkan hp saya mati total ( minta di instal). tolong mas :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf skdar bntu sang pndekar blog aje ,,, d service dlu android nya

      Delete
  48. permisi gan ane mau nanya kalo mau backup pke cwm meski samain versi HHnya ?

    ReplyDelete
  49. gan tiap backup kok error system error cach tu mksudnya gmna gan

    ReplyDelete
  50. Hey, try http://clanshelper.com/ - I got free CoC gems here! Get yous too in less than two minutes!! THE ONLY WORKING FREE GEMS GIVEAWAY FOR COC!!(UC3pAvMIWH)

    ReplyDelete
  51. Gan mau tanya klu mau backup lewat recovery trus nggak aada pilihan backup dan restori itu solusinya gmn...?samsung galaxy y gt6310

    ReplyDelete
  52. Gann itu cara backup rom kan?

    ReplyDelete
  53. Mas sory ganggu saya numpang tanya...
    Ponsel saya udah di rubah tampilan nya ke samsung nah dan sebelum nya yg ori udh saya backup .. cara kembali ke tampilan ori gimana cara nya?? Di recovery hrs apa aja?
    Wipe data aja apa gimana???

    ReplyDelete
  54. Asalamualaikum gan...
    Saya nak tanya ni..

    Di mana saya bisa dapatkan stock rom samsung s4 mini gt i9190 serrano3g

    Pasal sayah dah ganti rom y menggunakan cyanogenmod 5.1.1 lollipop

    Dan saya ingin mengembalikan seperti semula.?

    Tolong yah gan pencerahan y TERIMAKASIH


    ReplyDelete
  55. Asalamualaikum gan...
    Saya nak tanya ni..

    Di mana saya bisa dapatkan stock rom samsung s4 mini gt i9190 serrano3g

    Pasal sayah dah ganti rom y menggunakan cyanogenmod 5.1.1 lollipop

    Dan saya ingin mengembalikan seperti semula.?

    Tolong yah gan pencerahan y TERIMAKASIH


    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari aja gan, di google dengan keyword "download firmware s4 mini gt i9190". untuk masang stock Frimwareny di flash.

      Delete
  56. Gan hp w kema bootlop tolong pencerhanya :'( gan punya file backup samsung g mini 2 gak :'( kalau punya minta gan :'( :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maap gan, ane ngga make galmin 2 lg :(

      Delete
  57. kalo backup rom pake sd card/memori lain data seperti aplikasi dari memori sebelumnya ilang gk ??

    ReplyDelete
  58. Assalamualaikum gan..

    Ane mau tanya nih..
    Baru kemarin ane backup rom bawaan lewat cwm recovery. Tapi waktu ane backup ada tulisan BACKUP ERROR gan.. Lalu ane reboot, yg ada malah app yg terinstal dan data data ane di sdcard pada ilang semua gan.. HH ane evercoss a7v.

    Itu kenapa ya gan bisa error waktu backup? Mohon solusinya..

    Salam android!

    ReplyDelete
  59. gan cara backup stock rom bawaan android. gimna gan ?

    ReplyDelete
  60. terima kasih gan :)
    Ane liat ente ngobrol ama orang laen ane jadi yang ngerti wkwkwk ..
    sekali lagi terima kasih ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk, ane suka nih sama pengunjung yang kyk gini :D
      Makasih ya gan udah mampir :)

      Delete
  61. Kalau yg saya kenapa Ya saya sebelum ganti rom backup dulu pake cwm terus kenapa... Kok waktu saya udah instal mau restore malah balik ke stockrom nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. di wipe data dlu gan, mohon di baca dlu komen sblmnya, okaayyyy :D

      Delete
  62. Kalau mau di hapus, yg di hapus folder clockworkmod atau folder backup gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo hapus folder clockworkmod otomatis smua backup an agan ke hapus smua.

      Delete
  63. Kan udah nge download data buat nge rom tapi pas mau di rom gak ada file nya..?
    Kenapa ya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas mau masang rom nya mngkn ce? udah di masukin belum file romnya? pastiin dulu mau naronya di memori internal atau di sdcard. jadi nanti pas di CWM gk ribet lg.

      Delete
  64. Gan klo mau restore data, di cwm nya tinggal pilih folder backup nya?

    ReplyDelete
  65. Butuh berapa lama rebort sytem now gan?

    ReplyDelete
  66. Gan,,mau nnya nih, hp saya kan mati gara2 tombol powernya masuk kedalam. Jd mati total tu. Kalo d bawa ke service center bisa emg, tp mereka ga bisa backup data katanya. Jd service doang. Solusinya gmn ya supaya data2 yg ad di memo internal ga kehapus gan?? Bisa ga backup data kalo hp nya mati di jasa2 service??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo emg tombol power ny bnr" mendelep, ya emg ngga bsa di apa"kan lg. begitu juga ngambil data di internalnya uda ngga bisa ce :'(

      Delete
    2. Saran saya kalo memang punya data penting, mending taruh di sdcard atau memori external jadi aman. atau ngga sering" backup ke komputer/laptop.

      Delete
  67. Maaf mas, perangkat saya harus di root dulu atau ngga?

    ReplyDelete
  68. ada toturialnya di youtebe ng gank...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari aja gan, mngkn ada. Soalnya ane ngga buat tutorny di youtube..

      Delete
  69. Ini backup a7s hello kitty lwt cwm kok lama amat ya, udah sejam lebih lum kelar jg. Kl cancel proses backup gimana? Lps battery kah ? Ada resikonya ? Mhn infonya. Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. G msalah kk, resiko nya gdk kok cuma file simpenan yg di back up nya jdi g smpurna aja,,,
      Ane btul kn wahai pnulis :3

      Delete
    2. yoyoy, kalo emg proses backupny kg sempurna, hapus aja file backupny di cwm.

      Delete
  70. Bagus blog ente gan, sukses slalu ya :)

    ReplyDelete
  71. Gan kalo file hasil backupnya direstore pakai hh lain, tapi tipenya sama, bisa ngak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau deh gan, blm pernah nyoba. Di coba" aja gan, kalo ngga bsa tgl di restore lg stock ROM sblmnya.

      Delete

  72. Am Mr Jad Kimi adalah reputasi yang sah pemberi pinjaman kredit yang baik. Kami adalah perusahaan yang dinamis Dengan Itu Kami Menyediakan dana bantuan keuangan kepada yang membutuhkan bantuan keuangan Individu, itu memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis Jad Kimi menggunakan media ini untuk menginformasikan Itu kami Memberikan bantuan penerima terpercaya akan senang untuk menawarkan pinjaman Silahkan hubungi kami melalui email: jadkimi@gmail.com

    ReplyDelete
  73. Gan ko waktu backup g bs y,,?
    E:.Can't mount backup path

    Maksudnya ap gan?

    ReplyDelete
  74. Gan,klo restore harus wipe cache gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau restore harus wipe data+wipe chace dlu gan

      Delete
  75. Gan maaf nih ane mau nanya.. hp ane lemot ga pas cek recovery os androidnya merah gan atw bisa dibilang sakit lah.. nah cara biar sembuhnya gmna gan tuh si os nya..

    Makasih yaa gan...

    ReplyDelete
  76. Gan maaf nih ane mau nanya.. hp ane lemot ga pas cek recovery os androidnya merah gan atw bisa dibilang sakit lah.. nah cara biar sembuhnya gmna gan tuh si os nya..

    Makasih yaa gan...

    ReplyDelete
  77. I need custom rom for cross a7s 'what it's availabel..?

    ReplyDelete
  78. Bisa gak gan backup 2 arah internal/external biar aman data nya di 2 tempat ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan, pastiin aja space nya mencukupi.

      Delete
  79. Ass, bisa mnta tolong gan hp ane advan s5f
    bisa masuk ke menu CWM tp muncul tulisan
    cant mount / cahce/recovery/command(Log juga) sama Last Log
    Cant open / cache/ recovery log dan Last Log

    dan jika back up, pada saat backing up system , muncul juga Can't Mount system
    dan MD5 mismatch
    kalo ane liat komentar sblumnya Md5 bakalan ga kebaca krn telah direname
    dan ane ga ngrename apa lg mindahi md5nya gan

    akhirnya ane mutusi buat instal lagi pake firmware yg lain
    ,,dan instal pada data update.zip tapi
    saat verifiying update package(failed) dan signatue verification failed
    sama muncul install untrusted.zip
    ane ngikuti instal file itu juga gagal gan
    ada solusi kah gan?
    utk nghidupkan hp ane lagi, mohon bntuannya gan

    ReplyDelete
  80. Gan kalo bakupnya setelah wipe data,cahche,sama dalvik cache bisa gak?

    ReplyDelete
  81. Gan ane ke backup semuanya balikinnya lagi di retore ya?,soalnya penting ada kun line,bbm,get rich

    ReplyDelete
  82. @haris : iya gan tinggal restore aja :)

    ReplyDelete
  83. Numpang blog walking ya gan ;)

    http://www.zonasel.com/2015/11/backup-dan-restore-android-dengan-clockworkmod.html

    Makasih

    ReplyDelete
  84. Keren gan,makasih ..berguna banget...thanks

    ReplyDelete
  85. Ijin simak n sedot ilmu gan Aslam raf. :-) :-) :-) :-)

    ReplyDelete
  86. mas ketika di restor keterangannya ' eroe while flashing boot image' itu knp ya??

    ReplyDelete
  87. Mantan gan , berhasil , ukuranya 2.53 GB hape ane samsung galcore 2 sm g355h.
    Terus and tanya , misal , android ane bootloop, terus kalau direstore apakah androidnya bisa sehat kembali ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Wipe data+wipe cache, setelah itu restore, di jamin androidny balik seperti semula pas waktu sblm backup.

      Delete
  88. gan kalo mau restore ke hp lain tapi sama tipe bisa apa tidak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya ngga bisa gan, tapi kalo mau coba, coba aja siapa tau bisa :).

      Delete
  89. Gan kalo belum sempet backup gimana cara restorenya,,,,saat HH keadaan softbrick

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo belum sempet apa yang mau di restore gan ?, terpaksa flash stock rom

      Delete
  90. Gan ask dong, kondisinya gini..
    Hh sebelum dipasang custom rom, trus ane backup pake cwm, terus hh nya dipasang custom rom, kalau di restore gak balik stockrom kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, kalo agan faris sblmny backup stockrom, ya otomatis yang di restore stokrom jugaa.

      Delete
  91. ada yang punya backup an asus zenfone 5 gak ? please share in here

    ReplyDelete
  92. liat data backupannya dimana gan

    ReplyDelete
  93. gan ane udah instal cusrom cm11, trus ane mau balikin lagi ke stock rom..
    sbelunya ane punya backupan (full) stock romnya sizenya ampe 3,3 gb, klo ane restore pke cwm apa balik jd stock rom lg gan? atau tetp harus di flash firmwere?

    ReplyDelete
  94. Gan hp saya andromax c3 di root asus nah saya mau mengembalikan hp saya seperti semula gan tolong bantu ya gan.....

    ReplyDelete
  95. Gan ane mau back up cusrom bisa apa gk ya......tpi kan ane backupnya via philtouch...romnya yg bermasalah harus di reset atau di timpa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. backupnya via philz touch kan ? yaa restorenya juga via philz thouch gan (y)

      Delete
  96. Gan saya punya Tab ADVAN E1C+... saat saya ingin custom ROM Samsung galaxy s5 kan saya ikutin cara yg ada do Google yaitu 3F Dan 3W...
    3F (format data,system,cache) 3W (wipe data,cache partition,dalvik cache)..
    Sebelum itu saya cuman 3W ternyata gagal..tetapi masih berfungsi setelah itu saya mencoba 3F a is tuh says reboot malah g bisa cuman logo ADVAN doang sy tungguin tetep gitu aka ywdh sya mati in abis tuh Isi daya ga ada persennanya..
    Trs cara kembalikannya bagaimana ?
    Mohon solusinya dong gan... !

    ReplyDelete
  97. ass. sy numpang tanya apakah bisa instal cwm lewat terminal emulator ??? bisa apa nga

    ReplyDelete
  98. HP SY SAMSUNG YOUNG DUOS SMG 130H
    HELLP ME

    ReplyDelete
  99. gan saya restore kok malah eror padahal backup nya udah all semua lancar

    ReplyDelete
  100. Hp sya advan t1j waktu itu coba instal cwm pake rashr katanya succes,, tpi sya cba reboot g da ap" cma kembali sperti biasa,, sebelumnya sya prnah instal slah stu boot animation dri rom toolbox,, itu gmana? Klo ngilangin boot animationya cranya gmana?

    ReplyDelete
  101. Gan aku kn mau cusrom advan s5e saya, mau saya ganti rom galaxy s5, lha ukuran rom s5 itu sekitar 250 mb, itu bisa dipercaya nggak?
    Trims

    ReplyDelete
  102. Gan aku kn mau cusrom advan s5e saya, mau saya ganti rom galaxy s5, lha ukuran rom s5 itu sekitar 250 mb, itu bisa dipercaya nggak?
    Trims

    ReplyDelete
  103. Gan mohon infonya nich aq dah backup hp treq tipe ya sama trs satunya hpnya error ane mw restor dari hasil backupnya yang satunya bisa nggak......makasih

    ReplyDelete
  104. Gan, tolong di bantu gan...
    hp saya, samsung g530h,
    Gmana caranya untuk mengembalikan data yang ada di teks editor,,
    krna udah saya obrak abrik lewat root ekflorer,
    sementara daya gak punya backup an data...
    tolong di bantu y gan...

    ReplyDelete
  105. Gan, tolong di bantu gan...
    hp saya, samsung g530h,
    Gmana caranya untuk mengembalikan data yang ada di teks editor,,
    krna udah saya obrak abrik lewat root ekflorer,
    sementara daya gak punya backup an data...
    tolong di bantu y gan...

    ReplyDelete
  106. Gan, tolong di bantu gan...
    hp saya, samsung g530h,
    Gmana caranya untuk mengembalikan data yang ada di teks editor,,
    krna udah saya obrak abrik lewat root ekflorer,
    sementara daya gak punya backup an data...
    tolong di bantu y gan...

    ReplyDelete
  107. Gan, tolong di bantu gan...
    hp saya, samsung g530h,
    Gmana caranya untuk mengembalikan data yang ada di teks editor,,
    krna udah saya obrak abrik lewat root ekflorer,
    sementara daya gak punya backup an data...
    tolong di bantu y gan...

    ReplyDelete
  108. gan klo hp ane dibackup, file galery(yg ada photo, video, screenshot), data game, chat line, akun gmail, dll, itu terbackup semua gk?

    ReplyDelete
  109. oiya satu lg nih, ane udah backup hpnya gan, tp pas hpnya error, kira2 klo ane factory reset terus restore lg, apa hpnya error lg? soalnya ane backup data hpnya pas hp ane dah error gk bisa hidup? kira2 klo direstore apa error lg yah? tolong dijawab yah!! thanks before

    ReplyDelete
  110. oiya satu lg nih, ane udah backup hpnya gan, tp pas hpnya error, kira2 klo ane factory reset terus restore lg, apa hpnya error lg? soalnya ane backup data hpnya pas hp ane dah error gk bisa hidup? kira2 klo direstore apa error lg yah? tolong dijawab yah!! thanks before

    ReplyDelete
  111. gan klo hp ane dibackup, file galery(yg ada photo, video, screenshot), data game, chat line, akun gmail, dll, itu terbackup semua gk?

    ReplyDelete
  112. Gan tlg bantu..gimana caranya mengembalikan rom asli lenovo a6000+
    Ini pakai rom miui..mau blk ke rom asalnya, td nya sdh dibackup..backupannya msh ada di storagenya..

    ReplyDelete
  113. gan kok tempat ane backup rom nnya ukuranya gede banget ya 4000 an mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tergantung aplikasinya gan, kalo semakin banyak aplikasi pasti makin gede sizenya.

      Delete
  114. um kok pas ngebackup gagal ya? pliss jawab ce
    pat

    ReplyDelete
  115. Gan saya baru custom rom dng cwm.tp gak cocok..hp jd bootlop..
    Sebelum restor dr hasil backup rom bawaaan..sy wipe,dalvik chaec,dan formatfactory resit..
    Agar tdk ada fail yg tersisa dr custom rom yg gagal td..
    Setelah sy restor backup rom aslinya...eee..mlh basban,imei..hilang...jd hh sy..hilang ngak ada sinyal...
    Gimana y gan ngembaliin..basban yg hilang dr hasil restor ..

    Trimakasih

    ReplyDelete
  116. Bisa mas juan..hh sy lenovo a369i..sdh dy custom,rom,galaxy note3, ,experia z4 rxtrem dan yg terakhir samsung galay 5.. Ini lebik work...sgt normal...cuma..internal jadi external..pusing blk...

    ReplyDelete
  117. Bisa mas juan..hh sy lenovo a369i..sdh dy custom,rom,galaxy note3, ,experia z4 rxtrem dan yg terakhir samsung galay 5.. Ini lebik work...sgt normal...cuma..internal jadi external..pusing blk...

    ReplyDelete
  118. Gan saya baru custom rom dng cwm.tp gak cocok..hp jd bootlop..
    Sebelum restor dr hasil backup rom bawaaan..sy wipe,dalvik chaec,dan formatfactory resit..
    Agar tdk ada fail yg tersisa dr custom rom yg gagal td..
    Setelah sy restor backup rom aslinya...eee..mlh basban,imei..hilang...jd hh sy..hilang ngak ada sinyal...
    Gimana y gan ngembaliin..basban yg hilang dr hasil restor ..

    Trimakasih

    ReplyDelete
  119. hasil backup formatnya apa yah?? apa bisa di restor utk hp lain sejenis yg bootloop tp restornya lewat flashtool or sejenisnya??

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel