Struktur Dasar Program C ++


Kali ini saya akan membuat postingan tentang Struktur Pemograman C++, sebelum penjelasan kali perhatikan terlebih dahulu coding sederhana di bawah ini :

// program pertamaku
#include <iostream>
#include <conio.h>
#include <stdio.h>

int main ()
{
	cout << "Belajar C++";
	system("pause");
	return 0;
}

Penjelasan dari program di atas sebagai berikut :
// program pertamaku
Pada baris ini merupakan sebuah baris komentar. Semua baris, yang ditandai dengan dua buah tanda slash (//), akan dianggap sebagai baris komentar dan tidak akan berpengaruh pada hasil. Biasanya, baris komentar dipakai oleh programmer untuk memberikan penjelasan tentang program. Baris komentar dalam C++, selain ditandai dengan slash (//) komentar juga dapat ditandai dengan (/*….*/) Perbedaan mendasar dari keduanya adalah kalau // baris komentar sedangkan untuk /* blok komentar */

#include <iostream>
#include <conio.h>
#include <stdio.h>
#include disini merupakan File header pada C++, berfungsi untuk memanggil library C++ dimana library tersebut berfungsi agar kita dapat menggunakan statement seperti Cout, Cin, dan sebagainya.
Ingin tau lebih lengkap tentang Header pada C++? Baca Disini : Pengertian Header pada Program C++
int main ()
int main disini berfungsi sebagai body program, atau isi pada program. int main disini memiliki fungsi utama yaitu mengembalikan nilai, dengan cara return.
cout << "Belajar C++";
Cout pada C++ disini berfungsi untuk mencetak output pada program. Pada contoh disini saya menggunakan kalimat Belajar C++, maka ketika program dijalankan akan keluar kalimat Belajar C++.

system("pause");

System Pause disini berfungsi untuk menghentikan program sementara, agar tidak langsung keluar dari program.

return 0;
Statement return disini digunakan untuk mengembalikan nilai, karena kita menggunakan body program int main(), jadi harus di akhiri dengan return.



Sekian dulu dari postingan ini, Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Struktur Dasar Program C ++"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel